Kembali

Pantai Sorake Nias, Karang dan Ombaknya Unik Incaran Peselancar Dunia

18/10/2018

Travelling ke Nias, Sumatera Utara, belum lengkap tanpa berkunjung ke Kota Gunung Sitoli. Ini merupakan pintu masuk utama menuju Kepulauan Nias. Memasuki gerbang utama tersebut, traveler akan dimanjakan dengan pemandangan Kepulauan Nias yang memesona. Untuk urusan pantai, Nias adalah juaranya. Bahkan Pantai Sorake yang berada di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan menjadi destinasi wisata yang paling diincar wisatawan mancanegara.

Sorake adalah pantai yang bersebelahan dengan Lagundri. Terkenal dengan ombaknya yang besar sehingga sangat cocok untuk kegiatan berselancar. Tak hanya ombaknya yang diincar peselancar, pemandangan bebatuan karang di Pantai Sorake juga memiliki keunikan tersendiri. 'Pantai Sorake merupakan pantai yang memiliki karakteristik unik dan berbeda dari yang lain. Bebatuan karangnya ada di mana-mana di seluruh tepi pantai, serta lautannya berbatasan langsung dengan bebatuan karang tersebut. Tidak terlihat adanya pasir yang melandai seperti di pantai-pantai lainnya. Ombaknya yang sangat tinggi membuat tempat ini menjadi favorit para peselancar yang ada di seluruh dunia. Bahkan demi untuk melakukan selancar di pantai Sorake ini, mereka rela untuk berbulan-bulan tinggal di sini.

Ombak di Pantai Sorake merupakan salah satu yang terbaik di seluruh dunia', tulis Instagram @visit_sumut dikutip Kamis (18/10/2018). Posisi Pantai Sorake berdekatan dengan samudera, sehingga membuat pantai ini memiliki karakter ombak yang mencapai ketinggian hingga 15 meter. Ombaknya bisa bergulung dengan utuh sampai ke bibir pantai dan memiliki 11 kali gelombang sebelum pecah dengan ketinggian gelombang antara tiga hingga lima meter.

Ombaknya punya lima tingkatan, sehingga peselancar dapat melakukan atraksi dengan berbagai gaya di setiap tingkatan. Peselancar juga bisa menaiki ombak hingga mencapai jarak sejauh 200 meter. Karena keunikan tersebut, pantai ini dikenal dengan baik oleh para peselancar. Sorake merupakan tempat berselancar terbaik kedua setelah pantai Hawaii yang ada di Amerika Serikat (AS).

logo-explorenias